Memilih pekerjaan berdasarkan kepribadian  

Diposkan oleh BK Non Regular "Che"

Menurut seorang ahli yang bernama John Holland, perlu dilakukanya sebuah usaha dalam memilih karir yang sesuai dengan kepribadian kita. Hal ini didasarkan pada sebuah alas an bahwa seorang yang memilih karir yang sesuai dengan kepribadiannya, dia akan lebih menikmati pekerjaannya tersebut dari pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan kepribadiannya.

Holland percaya ada enam tipe kepribadian yang perlu dipertimbangkan saat mencari kecocokan antara aspek psikologis seseorang dengan karir mana yang akan dipilih. Enam kepribadian tersebut adalah sebagai berikut :

1. Realistis

Orang yang memperlihatkan karakteristik maskulin. Kuat secara fisik, menyelesaikan masalah dari sisi praktisnya dan memiliki kemampuan social yang rendah. Mereka cocok bekerja pada situasi praktis sebagai buruh, petani, pengemudi bus, dan tukang bangunan.

2. Intelektual

Oaring-orang ini memiliki orientasi konseptual dan teoritis. Mereka lebih tepat menjadi pemikir daripada pekerja. Mereka seringkali menghindari hubungan interpersonal dan paling cocok untuk pekerjaan yang berhubungan dengan matematika atau keilmuan

3. Social

Orang-orang ini sering memperlihatkan trait feminism, khususnya yang berhubungan dengan kemampuan verbal dan interpersonal. Mereka paling mungkin dipersiapkan untuk mauk profesi yang berhubungan dengan orang banyak, seperti mengajar, menjadi pekerja social, dalam bidang konseling,dll

4. Konvensional

Orang-orang ini memeprlihatkan ketidaksenangannya terhadap kegiatan yang tidak teratur dengan rapi. Mereka paling cocok menjadi bawahan, seperti sekerataris, teller bank, atau pekerjaan administrative lainya.

5. Menguasai (enterprising)

Orang-orang ini menggunakan kata-katanya utnuk memimpin orang lain, mendominasi orang lain dan menjual berita atau produk. Mereka paling cocok memiliki karir yang berhubungan dengan penjualan, sales, politikus atau menejemen.

6. Artistic

Mereka adalah orang yang lebih suka berinteraksi dengan dunia mereka melalui ekspresi seni, menghindari situasi interpersonal serta konvensional dalam banyak kasus. Para pemilik tipe kepribadian ini sebaiknya diarahkan ke karir seni aytau penulisan.

Kepribadian manusia tidak haya dapat dijelaskan seperti yang telah dijelaskan diatas. Akan tetapi kepribadian manusia adalah sebuah kepribadian yang sangan komplek oleh karena itu cara menialainya adaah yang paling banyak mendekati. Misalnya oarng yang paling mendekati tipe social dia diarahkan ke pekerjaan tipe sosial.

Keberadaan pemilihan karir ini juga dipengeruhi oleh lingkungan. Oleh karena itu sangat penting menyesuaikan pekerjaan dengan kepribadian dan lingkungan. Lingkungan-lingkungan yang didalamnya orang hidup dan bekerja, dapat digolongkan menurut patokan sampai berapa jauh suatu lingkungan mendekati satu model lingkungan, yaitu :

1. Lingkungan relistik

2. Lingkungan intelektual

3. Lingkungan seniman

4. Lingkungan social

5. lingkungan enterprising

6. Lingkungan konvensional

Perpaduan anatara jenis kepribadian dan lingkungan diatasa akan mengahsilkan suatau kecocokan okupasional (occupational homogeneity), sehingga dapat mengembangkan diri pada lingkungan jabatab tertentu.perpaduan dan pencocokan anatar tiap tipe kepribadian dan lingkungan memungkin suatu pemilihan pekerjaan yang nyaman dan dapat dinikmati, sehingga juga dapat diprediksi sejauh mana jabatan akan berkembang, seberapa jauh keberhasilannya serat stabilitas seseorang dalam jabatan yang dipangku.

Ines Anggar Satiti (06104244044)

This entry was posted on 06.20 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Poskan Komentar (Atom) .

0 komentar