Konsep Diri Super  

Diposting oleh BK Non Regular "Che"

Konsep diri super atau disebut juga sebagai konsep diri karir adalah suatu teori dari Donald Super. Dalam teori tersebut dinyatakan bahwa konsep diri individu memainkan peranan penting dalam pemilihan karir seseorang. Kemudiam ditambahkan bawa Super percaya bahwa usia remaja adalah saat dimana seseorang membngaun konsep diri tentang karir.
Kemudian dia menekankan bahwa dalam prosesnya perkembangan karir ini terbagi menjadai lima fase, yaitu :
1. Usia 14 – 18 disebut sebagai kristalisasi
Pada usia ini seorang remaja membangun gambaran tentang dunia kerja. Di saat ini remaja membangun konsep diri terhadap karir. Gambaran kerja pada masa ini masih tercampur dengan konsep dirinya secara umum.
2. Usia 18 – 21 disebut sebagai spesifikasi
Pada usia ini remaja mulai memasuki fase dewasa awal. Mereka memeprsempit pilihan dan mengerahkan diri mereka pada suatu karir tertentu. Hal ini dapat berupa mulai magang, melanjutkan sekolah, maupun mengikuti pendidikan ketrampilan tertentu.
3. Usia 22 – 24 disebut sebagai implementasi
Pada usia ini individu telah menyelesaikan pendidikan mereka. Mereka mulai memeprsiapkan diri untuk memesuki dunia kerja sebagi suatu implementasi dari pendidikan yang telah mereka lalui sebelumnya.
4. Usia 24 – 35 disebut sebagai stabilisasi
Pada usia ini individu telah benar-benar memutuskan untuk memilih satu karir tertentu.
5. Usia > 35 disebut sebagai konsolidasi
Pada tahap terakhir ini individu sudah lebih matang dan mantap dengan karir yang telah diambilnya. Mulai umur 35 tahun ini mereka mulai mengembangkan karirnya dan akan mencapai posisi yang lebih tinggi

Didit Wahyu Nugroho (06104244083)

This entry was posted on 06.23 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar